Senin, 01 Agustus 2011

Efek Samping Seminar Proposal

3 hari pasca seminar proposal yang berlangsung tanggal 8 Juni 2011 silam, ada-ada saja yang terjadi pada diriku, huhuks. Huaaafff.. flu dan meriang ini mengganggu rencana yang telah disusun. Ops! Sepertinya ini efek samping dari seminar proposal hari Rabu kemarin. Bener-bener berdampak pada kesehatan. Hehe, apa aku nya aja yang terlalu perasa dan pemikir ya? mungkin sih begitu. Lha wong temen-temen yang pada kelar tahap ini gak pada begitu kok. Hehehe. Bener-bener hari Rabu kemarin bikin aku sedih dan hancur (yang ini kayaknya sih lebay, haha, tapi emang jadi hilang arah gini T.T Ya Allaaaah, sediiiih). Tapi ya sudahlah, bersyukur udah ngelewatin tahap semprop ini meski setelahnya jadi sakit. Dan akhirnya bisa berpikir jernih dan mengambil hikmah dari kejadian Rabu lalu ^_~
Ini adalah sakitku ke2 selama masaku menjalani skripsi, wkwkwk. Kenapa sih ya, kalo mikir sampe berlebihan malah jatoh sakit. Huhu. Jujur nih ya, hari Rabu kemarin bener-bener menohok, semena-mena, dan nyebeliiiin banget (lagi pingin ngomong beginian, biarin aja :p Daripada dipendem sendiri bikin sakit. No no! jalan masih panjang, tidak boleh sakit lagi :--)). Jadi berasa kayak barang jaminan tapi berbentuk manusia, huks. Ibuuuu pengujiii kenapa kau tega membeginikan saya??? Berasa didzalimi juga. Bilangnya diskusi, tapi kok malah aku yang diserang. Aneh! Sebel! Tapi untungnya ada papa yang ngebantuin, meski pada akhirnya pasti mengecewakan. Maaf.
            Bener-bener pengalaman yang tak akan terlewatkan semprop untuk jenjang S1 ku ini. Banyak hal yang bisa dipelajari dan buat jadi lebih baik lagi.
     Yang pertama, dari mempersiapkan bahan presentasi (power point) 
kalo bisa nih, bikin power point 3 hari sebelum seminar, biar matang dalam menguasai materi. Tampilan slide juga tak kalah pentingnya, kata per kata apa udah bener susunan katanya hingga kalimatnya, apa mudah dimengerti ato masih berantakan (kudu dicek susunan kata dan kalimatnya)
TAMPILAN SLIDE MENARIK, ISI JUGA IKUTAN MENAWAN (^-~), DIJAMIN MEMUKAU PARA DOSEN DEH..
     Yang kedua, bundelan proposal yang akan diserahkan ke para dosen  
diteliti lagi sebelum diserahkan ke dosen, halamannya udah lengkap belum, ada yang kurang enggak dari daftar isinya, nama dosen pembimbing, hingga kata per kata dalam cover, (kayak pengalamanku kemarin nih ya, perasaan dari rental udah lengkap dari halaman pertama hingga akhir, eh pas udah ditangan dosen, ternyata 3 halaman terakhir hilang, salah siapa coba?!?! Untung aja cuma di satu dosen. Huff. Apa gara-gara make paper clip? alhasil mbak FO pas masukin surat undangan jadi harus ngebongkar semua dan tercecer?!?! Wallahualam aja deh. Positif thinking ^^).
(TELITI DAN CERMATI BAIK-BAIK HALAMAN PER HALAMAN dan KALO BISA BUNDELAN PROPOSAL ITU DI STEPLES AJA BIAR AMAN DAN GAK MUDAH TERCECER!!^^) 
      Yang ketiga, 
kita harus paham dan mengerti dari isi proposal yang akan disampaikan ke forum, jadi pas kita diberi pertanyaan sama penguji, seenggaknya kita bisa ngejawab tanpa terbata-bata dan yakin sehingga para penguji pun tak banyak berkomentar.
     Yang keempat,
pasang wajah ramah, ceria, dan senyum. Pokoknya sepedas dan setajam apapun kritikan dan komentar mereka tentang isi presentasi dan semua tetek bengeknya, sebisa mungkin kita tetap senyum dan stay cool, jangan perlihatkan wajah kecewa dan muram. Haha.  
BE PROFESIONAL! Dan LATIAN PRESENTASI DI HADAPAN ORANG PENTING ^_~, ahihihi..
     Yang terakhir,
persiapan fisik dan mental. Yang ini paling penting nih. Pasalnya kalo udah gak kuat mental, tangisan pun dapat pecah di saat kita “dibantai” oleh dosen penguji. Hehe. (Untungnya cuman nyampe pelupuk mata doang kemarin air matanya, kalo iya sampe turun? Maluunyaaaa, hahaha.) Yang jelas mental yang kuat perlu dibangun serta dipersiapkan, jangan sampai gara-gara seminar kita jadi mutung meneruskan proses skripsi dan kekecewaan yang berlebihan membuat semua terhenti di satu titik. DON’T!!  
KEEP MOVING FORWARD !!
Pokoknya nih ya, semua persiapan kudu diteliti dan dicek berulang-ulang jangan sampai kita menggampangkan.
            Yowislah, semprop udah kelar. Gak ada yang perlu disesali lagi. Saatnya bangkit dari kekecewaan dan keterpurukan. Perjalananmu tak berhenti sampai di sini. Ayooo semangat!! Para dosen juga manusia, gak ada yang perlu ditakuti dari mereka kecuali Allah SWT. Hadapi mereka dengan keberanian, kepedean, dan ketulusan. Ahihihi. Saatnya beraksi sailormoon. Berubah. Dengan kekuatan bulan akan menghukumu. Ciaaaat.. \(^_^)/ bismillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waiting for your comment, guys! Thankyou so much :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...