Selasa, 27 September 2011

Berkebun Part 2

     Kali ini saya akan membagi pengalaman berkebun saya bagian 2. YEAYYY! Plok-plok-plok! Give applause. *apaan siiih geje :p*. Baiklah, tomat. T-O-M-A-T atau bahasa bulenya yang jadi tomato itu merupakan buah atau sayur yang bulet tapi gak bulet-bulet amat dan warnanya pun warna-warni, ada merah ke orange-orangean dan hijau. Bentuknya pun ada yang kecil dan besar. Yah, Subhanallah banget lah sama ciptaan-Nya ini. 
     well, tomat yang tumbuh di pekaranganku ini termasuk cepet lho berbuahnya. Pasalnya kami yang baru 3 bulan pindah ke sini langsung deh disuguhi tomat-tomat ajaib ini, tapi satu bulan kemudian lhoo (setelah 2 bulan kami disini).
     Merawat tomat pun gampang-gampang susah. Jenis tomat kami ini menjalar gitu daunnya. Jadi perlu ditambah kayu atau apapun itu yang panjang buat penyangga batang dan daunnya supaya kuat menahan tomat yang bergelantungan. Oiya, daunnya tomat itu mudah kering guys. Apalagi kalo terpapar sinar matahari berlebih tanpa pernah disiramin. Kayak punya kami ini. Paginya udah disiramin, beberapa menit kemudian tanahnya langsung kering aja, then siangnya terbakar sinar matahari, eh sorenya daun-daunnya pada gosong gitu. Duh kasian deh liatnya. Alhasil mau tak mau disiram lagi biar paginya bisa seger dan buahnya cepet gede. Yihaa!! Here it is the real picture!
panen ke-2, baru satu yg merah. Yg lain masih pada hijau dan kecil.

     By the way, awal mulai pohon tomat ini tumbuh adalah dengan cara mengambil biji yang ada di tomat. Biji-biji tersebut dikumpulkan menjadi satu di wadah yang lumayan. Then, didiamkan selama beberapa hari, terserah kita-nya mau berapa hari. Nah setelah itu, siapkan lahan yang siap untuk ditanami tomat ini. Gali tanahnya yang agak dalem trus biji-biji tadi dimasukin ke dalam lobang tadi deh. Disiram tiap pagi dan sore, DON'T FORGET! Dikasih pupuk juga lebiiiih baguuus, hehehe.

     Selamat berkebun semuaaa!
     Berkebun itu menyehatkan lho :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waiting for your comment, guys! Thankyou so much :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...