Selasa, 12 Juli 2011

Gara-gara Belum Ada Judul


Gara-gara Belum Ada Judul >.<
27 Mei 2011

Siang yang begitu panas di Jogja membuatku membara dalam mengendarai motor. Ngebut gak karuan. Nyelip kanan nyelip kiri. Ngegas pol ngerem mendadak. Parah deh pokoknya. Hampir nyerempet orang, hampir diserempet pula. Haha. Padahal tuh ya, di belakang ada yang mbonceng, hehehe. Kayaknya ulahku siang itu gara-gara karena aku gak sabar untuk tahu siapa dosen penguji skripsiku. Bayang pun, semalam gak bisa tidur cuman guling-guling di atas tempat tidur gak jelas. Bener-bener hidup dan mati deh masalah tentang dosen penguji ini (ahaha, agak lebay sih, tapi emang iyaaaa, so scared >.<).
Setelah membabi buta di jalanan yang cukup ramai di sekitaran Jalan Kaliurang menuju kampus MAP di daerah sekip barat mirota kampus. Akhirnya aku pun sampai di pelataran parkir. Tempat parkir siang itu tumben-tumbenan sih ya penuh (apa akunya aja yang jarang nongol di kampus ya?!!? hehehehe, jadi gak tau kondisi kampus kayak gimana). Yaudin deh, akhirnya cari parkir yang kosong lalu tancap ke ruang jurusan. Pas mau jalan. Eh badala, ada papa sama dosen baru lagi jalan menuju ruang jurusan. Kayaknya sih mau nguji gitu. Lha bawa paper di tangan. Ngeliat wajahnya papa, aku rada sedih, seneng, kesel, campur aduk >.<. Tau gak ya kalo ada aku? Hahaha, sapa gue? Gue mahasiswa bimbingan bapaaaak.
Akhirnya aku pun berjalan pelan menuju ruang jurusan, penuh harap dan doa agar kejutan siang ini tidak membuat jantungku berhenti berdetak. Rasanya bener-bener kayak masuk ruang operasi, huaaaa. Deg-deg an gak karuan. Panik. Harap-harap cemas. Dan kacauuuuu.
Setelah berjalan beberapa langkah, akhirnya sampai juga di ruang jurusan yang siang itu lumayan ramai oleh adik-adik angkatan yang pada duduk di depan jurusan. Ku intip sekilas meja yang terletak di pinggir jendela itu. Bujubune!!! Ada Bute!!!! Tidaaaak!!! Jadi mikir yang enggak-enggak gara-gara liat wajahnya. Bisa gila aja kalo dapet pengujinya dia. Ngeliat Bute sekilas membuatku enggan untuk masuk. Nanti saja deh kalo Bute udah pergi, pikirku sambil menepi berdiri di samping dinding sambil sms-an. Selesai mengirim sms, ku tengok kaca yang transparan yang kalo dari luar ruangan gak begitu kentara itu. Ya Allah, Bute kok masih ada ya di situ?!?! Huhuhu. Aku pun mundur beberapa langkah gak berani alias takut. Padahal juga sama-sama manusia kan ya? ehehe.
Beberapa menit berlalu dengan sia-sia. Akhirnya aku pun memutuskan untuk masuk dengan memompa keberanian. Kalo gak berani maju-maju, kapan mau majunya?? Kapan mau berhasilnya? Bismillah. Ku langkahkan kaki dengan perlahan-lahan. Lebih tepatnya sih nderedeg (baca : deg-degan) hehe. Sesampainya di depan meja Mbak Yu. Semua mata tertuju padaku.
Aku                 :  “Permisi mbak. Mau ngambil proposal yang kemarin.”
Mbak Yu         : “Yang mana ya?” ucap Mbak Yu sambil membuka-buka kumpulan proposal yang ada di tumpukan. Lalu, “Oh, yang gak ada judulnya itu apa ya?” setelah Mbak Yu menatap wajahku lekat.
Aku sontak kaget. Masa iya sih yang diinget-inget karena gak ada judulnyaaa. Kok Mbak Yu juga langsung nyeletuk begitu. Maluuuuu. Dudul sih akuuuu. Pingin ngumpet di bawah pohon cabe saat itu juga.
Aku                 : “Hehehe, iya mbak.” Ku terima proposal yang disodorkan Mbak Yu tanpa babibu karena udah tengsin gila.
Pas mau pamit. Bute angkat bicara.
Bute                : “Mbak, besok Senin pagi proposalnya harus udah ada judul dan daftar isinya ya, soalnya ada 2 proposal yang udah ngantri,” ucap Bute sambil menunjuk kearah tumpukan proposal yang dosennya emang sama ma aku.
Aku                 : “Iya bu.” Emang aneh binti dudul tau gak sih. Yang namanya bikin skripsi kan hal pertama yang dibuat adalah judul. Lha aku? Udah jadi skripsi gitu, judulnya belum ada dan udah dikumpul minta dosen penguji. GUBRAAAAKK. Maluuuu.. pingin cepet-cepet kabur dari ruangan itu.
Lalu Bute melanjutkan masukan-masukan lainnya. Dari yang belum ada judul dan daftar isi. Beliau juga berkata kalau besok pas seminar proposal, satu ruangan ada 3 mahasiswa yang diuji karena dosennya sama. GUBRAAAAKK Lagiiiii. Gak kebayang deh ya. presentasi di depan orang banyak. Belum pada dikenal pulaaa. Huhuhu. Kayaknya emang bener-bener udah jalan dari Nya deh buat aku latihan BERANI dan PERCAYA DIRI. Tapi tapi maluuuu. Mendengar penjelasan  Bute, aku hanya melongo dan terkaget-kaget. Daripada pingsan karena udah gak tahan di situ. Akhirnya aku pamit keluar dengan langkah gontai. Dan sepertinya Bute dan Mbak Yu mengamatiku dari dalam tapi aku gak sadaaaar. Doh doh doh. Baru nyadar setelah di luar kalo kaca jendela jurusan kan transparan gitu. Dan dari dalam terlihat jelas sekali. Hiaaaaa >.
Sesampainya di luar, aku kelesotan kayak orang gila, teriak-teriak gak jelas. Untung aja sepiiii. Hehehe. Jujur aja, aku kaget. Dapet dosen penguji yang paling ditakutin sama mahasiswa karena perfectsionistnya.
Dari kursi biru, Mbak We teriak, “Loh kok ini dosen pembimbingnya Bute sih? Kamu kan papa tho?”
Aku mendengar itu langsung berdiri gontai dan penasaran, “Iyakah mbak? Coba sini lihat.” Proposal pun berpindah ke tanganku. Dan kubaca dengan seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya kalo ternyata proposal yang ada di tanganku itu bukan milikkuuuuu. Tapi milik oranglain. TIDAAAAK!! Masa iya aku harus masuk lagi?!?! @##$%%^*(!
Dengan pasrah, ku ambil proposal dari tangan Mbak We dan masuk kembali ke ruang jurusan dengan maluuu, hehehehe :p, kenapa tadi gak diperiksa dulu ya, langsung melengos pergi gitu aja sih, huaaa, karena saking takutnya sama Bute tauk.
Sesampainya di depan meja. Bute dan Mbak Yul kaget.
Aku                 : “Maaf mbak, ini bukan proposal saya,” ucapku datar tanpa ekspresi (wes rasanya takuuuut tenan deh).
Mbak Yul        : “Loh bukan tho? Oh iya, punya kamu kan yang belum ada judulnya ya,” ucap Mbak Yul sambil mencari proposal untittle milikku.
Dan disambut tawa Bute, “Loh kok bisa?” ucap Bute sambil tertawa.
Kenapa coba, harus itu yang diinget? BELUM ADA JUDULNYA!! Iyaa mbaaaaak tauuu kok saya. Enggak usah diulangin lagi. Saya kan maluuu. Ditambah bute ikutan ketawa lagiiiiii. >.< gak ada yang lucuuuu buuu.
Dengan langkah tergesa-gesa, ku ambil lah proposal milikku itu setelah mengucap terimakasih tentunya. Dan lagi-lagi untuk ke 2 kalinya, aku langsung ngacir keluar dengan wajah malu dan langsung menyerahkan bundelan kertas putih itu pada Mbak We. Ketika berpindah tangan. Aku merasakan kejanggalan pada bagian belakang proposalku. Setelah ku lihat, ternyata di balik proposalku ada secarik kertas yang ku kira adalah undangan seminar, namun setelah kubaca dengan hati-hati ternyata itu adalah surat ijin penelitian lapangan milik orang lain LAGI!! Oh NOOOOO. Aku pun harus segera masuk kembali ke ruangan yang bener-bener “hot” itu.
Ku langkahkan kaki dengan berani disertai rasa malu yang luar biasa untuk bertemu kembali dengan Bute dan Mbak Yul. Setelah sampai di depan meja. Aku pun disambut dengan gelak tawa dari mereka.
Bute dan Mbak Yul : “Ada apa lagi mbak?” sambil terus tertawa. Emang ada yang lucu ya dengan diriku?!?! Huhuhu.
Aku                 : “Hehehe, ini buk. Ada kertas yang kebawa,” ucapku sambil meringis malu seraya menyerahkan kertas ituuu, dasar kertas! Kenapa sih kamu ngikut.
Ketika aku akan berbalik. Bute nyeletuk, “Ada apa mbak? Kok kayaknya terburu-buru?” ucap bute masih tetap saja tertawa.
Aku pun kaget. Pertanyaannya agak gimana gituuu, hehehe. “Heeee, enggak kok buk. Hehehe. Yasudah bu saya keluar dulu. Terimakasih bu,” ucapku sambil meringis menahan malu yang kalo ditimbang beratnya seton mungkin. Dan aku pun membalikkan badan sambil tertawa lepas sambil mendengar Bute dan Mbak Yul masih tetap saja tertawa. Sumpah yaaa, diketawain gara-gara tingkah konyolku. Diketawain sama dosen pulaaaaa, awkward >.
Bener-bener Jumat siang yang memalukan. Masa iya harus diinget-inget sama dosen gara-gara proposal skripsi udah mau seminar tapi belom ada judulnya!?!?! Dan ditambah lagi tingkah konyolku yang mengharuskan harus 2 kali bolak balik masuk ruang jurusan gara-gara keburu-buru pingin keluar dari ruang jurusan karena sebenernya takut sama Bute!?!? Tidaaaaak >.
Dari kejadian di atas, aku jadi keinget nasehat bapak yang dikatakan beliau tadi pagi. “Malah enak seminar proposal diliat sama temen-temen. Itu kan buat ngelatih kamu berani dan percaya diri menghadapi orang lain. Apalagi besok pas kamu udah kerja. Ketemu banyak orang baru. Masa kamu isinan? (baca : isinan = pemalu) Gak bakal maju-maju. Yang penting PD.” Hehehe. Bener juga yaa. Iya deh! Bismillah. Tenang aja lah. Ada Allah SWT yang siap membantu serahkan semua usaha kita pada Nya.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waiting for your comment, guys! Thankyou so much :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...